cover
Contact Name
Refni Wahyuni
Contact Email
refniabid@gmail.com
Phone
+6281365563364
Journal Mail Official
anita@htp.ac.id
Editorial Address
Jalan Mustafa Sari No 5 Tangkerang Selatan, Pekanbaru
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komputer
ISSN : 2302710X     EISSN : 25793918     DOI : https://doi.org/10.33060/JIK
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmu Komputer adalah jurnal yang dikhususkan untuk penelitian penelitian yang termasuk dalam bidang keilmuan komputer dan informatika. Jurnal Ilmu Komputer dikelola sepenuhnya oleh STMIK Hang Tuah Pekanbaru dan terbit 2 kali dalam setahun pada bulan april dan bulan oktober. Focus and Scope Jurnal Ilmu Komputer adalah jurnal yang dikhususkan untuk penelitian penelitian yang termasuk dalam bidang keilmuan komputer dan informatika. Jurnal Ilmu Komputer dikelola sepenuhnya oleh STMIK Hang Tuah Pekanbaru dan terbit 2 kali dalam setahun pada bulan April dan Oktober
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Ilmu Komputer" : 12 Documents clear
Karakterisasi Sumber Cahaya Menggunakan Spektrofotometer Vis-Nir untuk Optimasi Optical Non-Contact Speedometer Johan Iskandar; Yunita Rahma; Sindy Andiani
Jurnal Ilmu Komputer Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2021/Vol10.Iss1.188

Abstract

Characterization the light source has been carried out using a Vis-Nir spectrophotometer with the Ocean Optics DTmini-2 model. The purpose of this characteristic is to obtain the optimum wavelength as a light source in making a digital optical non-contact speedometer model. There are 5 light sources tested, namely blue, green, yellow, red and white light. From the characterization results, the wavelengths were blue (450 nm), green (540 nm), yellow (570 nm), red (640 nm) and white (550 nm). In making the digital optical non-contact speedometer model, a photodiode sensor is used which has an absorbance peak point at 479 nm, 680, and 900 nm. The working principle of the prototype is to detect changes in light intensity as a result of the reflectance by the wheel. The sensor reads every color changes on the wheel and the results will be sent to the microcontroller for further processing. The results obtained are that the red LED is excellent to this prototype because it has the highest ADC value compared to other light sources tested. This is consistent with the results of the sensor spectrophotometer characterization.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS(GIS) KOST / RUMAH SEWA WILAYAH KOTA STABAT BERBASIS WEB Denni Ananda Putra
Jurnal Ilmu Komputer Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2021/Vol10.Iss1.189

Abstract

Rumah kost dan rumah sewa merupakan prasarana yang dapat memenuhi kebutuhan masyraat ataupun mahasiswa yang berada di luar kota. Prasarana ini cukup penting di semua kota, salah satunya kota Stabat. Akses informasi letak dan fasilitas rumah kost atau rumah sewa di Kota Stabat ini masih sangat sulit didapatkan. Penelitian ini membahas tentang pemetaan lokasi rumah kost atau rumah sewa, dan penentuan jalur terpendek untuk mencapai lokasi kost tersebut. Pencarian rumah kost terdekat pada penelitian ini menggunakan algoritma Dijkstra. Dengan demikian hasil yang akan di dapat dalam menentukan lokasi tempat kost /rumah sewa di wilayah kota stabat adalah berupa peta dengan aplikasi Google Mapas. Dimana jika masyarakat ingin melihat letak lokasi rumah kost / rumah sewa di wilayah kota stabat maka sistem informasi geografis ini akan memudahkan masyarakat atau mahasiswa khususya yang berada diluar kota sehigga masyarakat dapat melihat penyebaran letak lokasi rumah kost/ rumah sewa, gambar kost /rumah sewa, keterangan kost /rumah sewa dan rute terpendek dalam menuju lokasi kost /rumah sewa yang ada di wilayah kota stabat.
PENERAPAN IOT PADA SISTEM KEAMANAN PINTU RUMAH DENGAN ESP8266 MENGGUNAKAN METODE LOGIKA FUZZY Intan Desliana Siregar
Jurnal Ilmu Komputer Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2021/Vol10.Iss1.190

Abstract

Pemilik rumah terkadang dapat lengah walaupun berada dirumah, berapa faktor seperti jauhnya akses pintu dengan tempat atau ruang beristirahat jadi pemilik rumah terkadang tidak mendengar suara derap langkah yang terlalu pelan sehingga tidak mengetahui keberadaan seseorang didekat pintu rumah, untuk mencegah tindakan kriminalitas yang mungkin terjadi pada pintu yang merupakan akses utama masuk kedalam ruangan diperlukan sebuah sistem keamanan yang dapat memberitahu pemilik rumah bahwa ada sesorang yang berada didekat pintu rumah,orang yang berada didekat pintu rumah kita bisa berniat baik seperti hanya bertamu atau mungkin anggota keluarga yang pulang maupun sebaliknya kita bisa mengantisipasinya terlebih dahulu. Sistem keamanan yang berbasis internet of thing yang akan mengirimkan pesan lewat telegram. Sistem pada alat ini terdiri dari Sensor Ultrasonik yang akan mendeteksi jarak objek seberapa dekat dengan pintu rumah , buzzer yang akan mengeluarkan bunyi saat sensor ultrasonik mendeteksi objek yang berada didekat pintu , ESP8266 digunakan sebagai modul yang akan menyambungkan perangkat kejaringan internet dan yang akan menjadi papan utama pada sistem keamanan. Dalam perancangan alat terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras terdiri Sensor Ultrasonik, Buzzer dan ESP8266. Sedangkan perangkat lunak digunakan aplikasi pemrogaman Arduino software. Hasil yang dicapai adalah sistem keamanan dapat memberitahu pemilik mengenai keberadaan seseorang yang dekat berada dengan pintu rumah sehingga pemilik dapat bersiaga dengan segala kemungkinan yang terjadi.
Sistem Informasi Pariwisata Di Provinsi Riau Menggunakan Metode HMVC dengan Framework Codeigniter Yulisman Yulisman; Yuda Irawan; Dhea Arina Ramadhini
Jurnal Ilmu Komputer Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2021/Vol10.Iss1.193

Abstract

Abstract Riau Province has natural wealth and cultural diversity in the potential tourism sector, where in recent years tourism in Riau Province has grown rapidly so that many new tourist attractions have emerged. Along with the development of tourism in Riau Province, several problems that often occur have also emerged, including the community or tourists who do not know the names of tourist attractions, tourist location points and supporting facilities and infrastructure in the tourist areas. Based on these problems, create a technology-based information system that can be used by the community to get complete information about tourism in Riau Province quickly and effectively. The model for developing a tourism information system in Riau Province is by applying the waterfall model. The programming language used is PHP with CodeIgniter Framework and for databases using MySQL. The method of making a system using HMVC is a hierarchy or arrangement of the MVC (Model View Controller) pattern which is arranged into a single application. The results obtained that this tourism information system can provide complete information about tourism in Riau Province. The use of technology and information systems makes it easy for people to get complete information about the names of tourist attractions, areas or tourist sites, according to their needs and wishes to visit. Keywords: Information Systems, Tourism, HMVC, Framework CodeIgniter, Riau Province. Abstrak Provinsi Riau memiliki kekayaan alam serta keberagaman budaya di sektor pariwisata yang potensial, dimana beberapa tahun belakangan ini pariwisata di Provinsi Riau berkembang pesat sehingga banyak bermunculan tempat wisata yang baru. Seiring perkembangan pariwisata di Provinsi Riau, muncul pula bebeberapa permasalahan yang sering terjadi, diantaranya adalah masyarakat atau wisatawan tidak mengetahui nama-nama tempat wisata, titik lokasi wisata serta sarana dan prasarana pendukung didaerah tempat wisata tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut membuat suatu sistem informasi berbasis teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang pariwisata yang ada di Provinsi Riau secara cepat dan efektif. Model pengembangan sistem informasi pariwisata di Provinsi Riau ini dengan menerapkan model waterfall. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan Framework CodeIgniter dan untuk basis data menggunakan MySQL. Metode pembuatan sistem menggunakan HMVC merupakan hirarki atau susunan dari pola MVC (Model View Controller) yang tersusun menjadi satu kesatuan aplikasi. Hasil diperoleh bahwa sistem informasi pariwisata ini bisa memberikan informasi yang lengkap mengenai pariwisata yang ada di Provinsi Riau. Pemanfaatan teknologi dan sistem informasi memudahkan masyarakat mendapatkan informasi yang lengkap mengenai nama-nama tempat wisata, daerah atau lokasi tempat wisata, sesuai dengan kebutuhan dan ingin mereka kunjungi. Kata Kunci : Sistem Informasi, Pariwisata, HMVC, Framework Codeigniter, Provinsi Riau.
APLIKASI MULTIMEDIA MENGENAL NAMA-NAMA PAHLAWAN NASIONAL PADA SDN 026 PEKANBARU MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Yuda Irawan
Jurnal Ilmu Komputer Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2021/Vol10.Iss1.200

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perancangan dan pembuatan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Macromedia Flash di SDIT Al Madinah Pekanbaru dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yaitu melalui PC/Laptop berbasis multimedia. Pembuatan Aplikasi Multimedia Bahasa arab untuk kelas 1 sd ini dengan menggunakan software berbasis macromedia flash 8. Pengembangan aplikasi ini menggunakan model waterfall. Aplikasi ini menampilkan informasi tentang belajar bahasa arab yang berfokus pada penggunaan kata ganti orang, kosa kata dan simulasi percakapan. Aplikasi ini disertai video tambahan untuk pembelajaran yang mengenai isim isyarah dan shorof dasar. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan latihan-latihan soal, yang berisi pertanyaan seputar materi pembelajaran yang sudah dijelaskan pada materi dalam aplikasi tersebut. Berdasarkan pada hasil uji coba, aplikasi ini dapat berjalan dengan baik pada perangkat berbasis multimedia dengan versi macromedia flash 8.
SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN PINANG MENGGUNKAN METODE FORWARD CHAINING Mardeni ST,.M.Kom; Dahlia Retina; Abdi Muhaimin
Jurnal Ilmu Komputer Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2021/Vol10.Iss1.201

Abstract

Budidaya pinang juga mengalami kendala-kendala diantaranya yaitu serangan penyakit. Cara yang paling umum dilakukan oleh petani untuk mengendalikan penyakit pinang adalah dengan menggunakan bahan kimia atau pestisida dalam kurun jangka panjang jika penggunaan bahan kimia yang berlebihan pada suatu wilayah akan menimbulkan dampak negatif yaitu terbunuhnya mikroba. Dengan hilangnya keseimbangan ekosistem alam akan melahirkan penyakit baru yang lebih ganas. Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah untuk menyajikan informasi dengan cepat dan akurat dalam penyelesaian masalah untuk membantu konsultasi tentang penyakit pada tanaman pinang. Selain itu juga untuk mengetahui cara-cara pembuatan program yang bersifat Sistem pakar dengan menggunakan bahasa pemrograman untuk aplikasi kecerdasan buatan, yaitu PHP dan Mysql. Dengan mengunakan metode forward chaining adalah suatu strategi pengambilan keputusan yang mulai dari bagian premis menuju klonklusi. Hasil implementasi sistem yaitu sistem memberikan pertanyaan berupa gejala-gejala yang harus dijawab petani berdasarkan gejala yang tanaman pinang dari proses tersebut sistem memberikan informasi penyakit pinang yang diderita tanaman pinang. Dari hasil pengujian sistem pakar ini telah dapat mediagnosa penyakit pinang. Setelah diagnosa maka akan muncul jenis penyakit dan solusi.
APLIKASI PEMBAYARAN REKENING AIR PADA UPTD SPAM DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG, PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI Muhardi Muhardi; Eka Sabna; Benni Harianto Naibaho
Jurnal Ilmu Komputer Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2021/Vol10.Iss1.202

Abstract

UPTD SPAM adalah sebuah unit kerja di bawah naungan bidang Cipta karya di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kepulauan Meranti yang bergerak di bidang Pengadaan air bersih. UPTD SPAM ini masih melakukan pencatatan kwitansi pembayaran rekening dan pelaporan pemakaian air masih secara manual dalam buku besar, hal ini tentu tidak efektif dan efisien karena membutuhkan waktu yang lama jika pelanggan ingin membayar rekening pemakaian air setiap dan pelaporan pemakaian setiap bulannya. Untuk itu diterapkan sebuah aplikasi sebagai pengolahan data agar admin dapat melakukan pencatatan atau penginputan data terhadap seluruh data pelanggan UPTD SPAM, data input dan output pemakaian pelanggan yang digunakan dalam satu bulan serta laporan pemakaian pelanggan berdasarkan data yang telah di input ke dalam aplikasi.Aplikasi ini akan diimplementasikan dalam bentuk aplikasi berbasis website. Aplikasi pengolahan data ini menggunakan pemograman webPHP dan basis data MySQL sebagai penyimpanan data. Aplikasi ini adalah sebuah sistem yang akan menangani masalah penambahan lokasi daerah pelanggan, penambahan baru data pelanggan, pencatatan penggunaan pemakaian pelanggan setiap bulannya, serta pencatatan setiap pengaduan pelanggan yang mengalami masalah jaringan dan juga pelaporan bulanan pemakaian seluruh pelanggan.
APLIKASI BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PERMASALAHAN SISWA MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINNING BERBASIS WEB hendry fonda fonda; Rizer Fahlevi; Agus Gunawan
Jurnal Ilmu Komputer Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2021/Vol10.Iss1.203

Abstract

Sistem pakar adalah sistem berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan, fakta, dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh pakar bidang tertentu. Kelebihan sistem pakar diantaranya adalah memungkinkan orang awam dapat mengerjakan pekerjaan para pakar (ahli). Sistem pakar dapat digunakan untuk menyimpan pengetahuan dan keahlian pakar. Dengan menggunakan sistem pakar Guru BK dapat dengan mudah mendiagnosa masalah yang sedang terjadi pada peserta didik karena selama ini Guru BK mengalami kesulitan dalam memberikan solusi terhadap peserta didik yang bermasalah, setelah dibuat sistem pakar maka dapat memudahkan Guru BK dalam melakukan konsultasi Bimbingan konseling terhadap masalah yang sedang perserta didik lakukan dengan solusi yang diberikan oleh pakar sehingga mereka tidak perlu lagi melakukan konsultasi dengan pakar secara langsung dengan menggunakan metode backward chainning berbasis web yaitu metode yang menentukan hipotesis yang menuju suatu fakta yang mendukung suatu hipotesis tersebut. Dengan dibuat aplikasi berbasis web maka Guru BK bisa dengan mudah mengakses aplikasi kapanpun. (Studi Kasus : SMP N 02 Pagaran Tapah Darussalam Kab. Rokan Hulu).
RANCANG BANGUN ALAT DETEKSI KEBISINGAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAN BERDASARKAN PARAMETER TEKANAN SUARA MENGGUNAKAN NODEMCU ESP8266 Herianto Heri; Hasnor Khotimah
Jurnal Ilmu Komputer Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2021/Vol10.Iss1.204

Abstract

Seorang pengunjung perpustakaan tentunya menginginkan suasana yang tenang tanpa kebisingan ketika berada di perpustakaan agar dapat berkonsentrasi ketika membaca buku. Akan tetapi, tidak semua pengunjung yang datang ke perpustakaan untuk membaca buku, ada pengunjung yang datang hanya ingin mengobrol, memakai wifi gratis atau lainya, sehingga mengganggu konsentrasi pengunjung lain yang datang untuk membaca buku. Maka dari itu, diperlukan adanya alat untuk mendeteksi tekanan suara atau bunyi berdasarkan tingkat suara dan bunyi yang dihasilkan pada sebuah perpusatkaan dengan berpatok pada batas tingkat kebisingan pada perpustakaan yaitu 45-55 dB(desible). Alat ini dirancang berbasis mikrokontroler dimana pengertian Mikrokontroler adalah sistem mikroprosesor lengkap yang terkandung di dalam sebuah chip mikrokontroler berbeda dari mikroprosesor serba guna yang digunakan dalam sebuah PC, karena sebuah mikrokontroler umumnya telah berisi komponen pendukung sistem minimal mikroprosesor, yakni memori dan pemrograman. Alat ini bisa membantu petugas dalam mengawasi ruangan perpustakaan dari suara bising yang bisa mengganggu konsentrasi dan kenyamanan pengunjung perpustakaan.
RANCANG BANGUN SISTEM PENGADUAN BENCANA DI BPBD SIAK (MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER) Rian Ordila
Jurnal Ilmu Komputer Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : STMIK Hang Tuah Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33060/JIK/2021/Vol10.Iss1.205

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, kebutuhan akan informasi semakin tinggi dan terus berkembang, sehingga berbagai macam perusahaan maupun instansi harus sudah melakukan perubahan seperti sistem yang terkomputerisasi di dalam perusahaan atau instansinya, sehingga dapat bersaing dan meningkatkan kualitas kerja yang sangat profesional. Termasuk pemetaan dan pelaporan tanggap bencana sudah ada teknologi informasinya. Proses pengaduan bencana merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dipelihara dan dikelola. Pengelolaan pengaduan bencana yang kurang baik akan berdampak buruk terhadap kinerja penanggulangan bencana. Kabupaten Siak merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Riau yang memiliki potensi akan bencana, pada saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Siak masih melakukan proses penerimaan pengaduan dan verifikasi secara manual. Proses tersebut menyebabkan sulitnya dalam mevalidasi dan verifikasi pengaduan dari masyarakat. Sistem informasi pengaduan bencana dirancang sesuai dengan keperluan BPBD Siak dengan menggunakan Framework Codeigniter. Proses validasi dan verifikasi laporan pengaduan dari masyarakat menjadi lebih mudah karena menggunakan sistem informasi pengaduan bencana sehingga proses pengaduan bencana semakin cepat tanggap, relevan, akurat dan tepat waktu. Mempermudah tim satgas di pos dalam memantau bencana kebakaran hutan dan lahan. Pelaporan penanganan bencana menjadi mudah dan terstruktur.

Page 1 of 2 | Total Record : 12